Posts tagged late night conversation
12:43 pm - Mon, Apr 16, 2012

Last Man Standing

Tanggal tua…gak semua anak kos bisa melewatinya dengan aman tanpa meninggalkan jejak kasbon di warung-warung sekitar. apalagi pas lg sepi undangan kondangan, gak sedikit juga yang melewati minggu-minggu terakhir dengan terkapar di rumah temen, mengharap belas kasih mereka.

Tapi setelah riset selama +/- 5 tahun sebagai anak kos, gw udah mulai nemuin pattern yang jelas dan cukup logis buat bertahan hidup.

Cemilan. Walaupun sepele, tapi ini juga kebutuhan utama anak kosan dan kalo gak ke kontrol..keluar2 indomaret kita bisa belanja lebih dr 20rb cm buat cemilan…tidak bisa dibiarkan!! Jadi menurut hemat saya, cemilan yang pas buat akhir bulan itu adalah ASTOR. Oke, jangan ASTOR..mari kita coba “Indomaret Chocolate Wafer Stick” a.k.a KW nya ASTOR. Kenapa astor? Karena dia coklat, dan siapa sih yg gak suka coklat. Harganya 17rb an, keliatannya sih mahal…tp klo dianalisis, dia bentuknya keroyokan banyak gt…dan gak bisa yang abis sekali makan, karena pasti bakal eneg. Jadi idealnya dengan perhitungan konsumsi wajar sebagai manusia intelektual, ASTOR ini bisa bertahan paling gak 5-7 hari..cukup hemat dgn harganya 17rb. KECUALI…KECUALI lagi ada bola liga champion dan super big match dlm waktu berdekatan…mgkn astor ini cm bisa bertahan selama 3-4 hari J.

Makan. Ada beberapa trik yang biasanya gw akalin dari pola makan ini…tiap awal bulan abis dpt kiriman, gw kadang suka ngasih duit ke mbak warteg 20-30rb. Karena tehnik nyelipin duit di dompet udah gak mempan di gw, jadi gw kembangin dgn nyelipin duit di dompet mbak warteg. Ya deposit…duit ini gw pake makan di akhir bulan, pas lagi gak punya duit trus mbak nya bilang “mas, masih ada sisa 15rb kok disini…” itu rasanya kyk gw mau menitikan air mata haru…hebatnya trik ini bisa dikombinasiin sama teknik pemilihan menu yang mantap. Ya, gw biasanya pesen tahu tempe (yg katanya setara sm daging gizinya) plus sayur toge…kuahnya, hmmm jgn main2 sama kuahnya krn disini kuncinya, gw selalu minta dipakein kuah sop iga…BEEUUHHHH, itu baunya di idung…berasa makan makanan seharga 12 ribu…blm lagi klo hoki suka nyelip potongan2 daging iga nya kecil2..dahsyat broh!!

Uang tambahan. Gw percaya kadang kalo lagi kepepet kita bisa jadi super kreatif…gw berusaha meyakini hal tersebut, makanya langakah ketiga yang gw lakuin di akhir bulan adalah cari tambahan uang…caranya? Gampang! Klo ada temen yang ngasih job2an freelance, sikat lah pasti. Atau kalo lagi sepi…saatnya hunting lomba-lomba tentu yang free entry dong, apalagi klo hadiahnya lumayan…muahahahaha pasti semangat ini sih. Ya nothing to lose lah…klo menang kn sangat mengangkat derajat hidup di akhir bulan..bahkan bs untuk beberapa bulan kedepan.  Nah sekalian sharing, ini kan tanggal tua udah di ujung belekan, kemaren sempet nyari2…ternyata ada lomba yang lagi happening bgt…apaan tuh?

Nirmana Award…ini semacam kompetisi design gitu, desain grafis maksudnya…lumayan ni sejalur sama minat dan kemampuan. Oke kita cek kelengakapannya…berita baik, ternyat oh ternyata KHRAATEEEESSS sodara sodara, tinggal aplot karya doang. Kita cek hadiahnya…broh ada iMac, wacom, dll broh, tanpa pikir panjang kita gebet lah ya…apalagi kategorinya ternyata ada 6. Ada ilustrasi, motion graphic, digital imaging, typography, comic strip, dan t-shirt design…ahahahaha merdeka lah kita, dipilih dipilih…mari dipilih. Edan ini sik namanya…trus temanya asik juga “WARNA KREASI INDONESIA” yuk para survivor…selamatkan tanggal tua kalian, hajar bleh..hahahaha. info lanjutnya bisa akses www.nirmanaaward.com atau follow @NirmanaAward aja nih.

                                              — @ariekejon —

3:12 pm - Mon, Dec 19, 2011

Tren Keren 2011

Gak ada orang paling bahagia di dunia ini selain orang jomblo. Kenapa, karena status jomblo itu tandanya kita sedang diselamatkan oleh Allah…hahaha.

Gara-gara keseringan dicengin jomblo sama temen-temen gw yang rada asu kelakuannya, gw jadi sempet mikir..apa yang bikin cowok jadi kelamaan jomblo ya? Keputusan sesat dan sepihak menyimpulkan bahwa, lo jomblo karena lo gak keren.

Oh ya? Nah sambil main, gw observasi. Akhirnya gw menemukan beberapa standard “trend keren masa kini” ala remaja jaman sekarang. Begini…

1.       Lo bakal terlihat keren saat banyak orang yang gak kenal sama band-band di playlist itunes atau ipod atau iPAD lo. Menurut mereka itu tandanya lo gak mainstream, dan itu keren. (gw cek playlist…ternyata band nya banyak yang umum…gagal)

2.       Lo bakal terlihat keren saat jumlah followers di twitter lo lebih banyak dari pada jumlah orang yang lo follow. (gw cek twitter…gagal)

3.       #Lo #bakal #terlihat #keren #saat #lo #post #foto via instagram. (fix gagal)

4.       Lo bakal terlihat keren saat lo punya tumblr. (YES!! Reblog like a boss)

5.       Lo bakal terlihat keren saat lo pake kaos tulisannya “Universal Studio” (ngaca, barong bali…gagal)

6.       Lo bakal terlihat keren saat lo nyantolin kacamata rayban di kaos lo. (gagal.)

7.       Lo bakal terlihat keren saat tattoo lo nongol-nongol dikit dari lengan baju. (YESS!! Eh, bukan tattoo ding, daki ini mah…gagal)

8.       Nah combo nya ni, lo bakal terlihat keren saat lo naik sepeda, pake kemeja flannel, pake kacamata rayban, sambil megang beer…beuhh masa kini banget deh lo.

gw gak mempermasalahin orang-orang dengan kriteria diatas…lo keren bro sob bray bos…

Tapi, itu lah kenapa gw bilang Allah sedang menyelamatkan gw dengan status jomblo… bisa mampus gw klo mesti ngikutin trend keren masa kini kayak gitu…hahahaha.

Pesan moralnya si klasik…saat lo gak bisa nerima dengan jujur siapa diri lo, apa yang lo harepin? Orang juga bakal pura-pura bisa nerima lo apa adanya…ya gak si?

Yuk lah, cari warteg beli tempe orek…laper.

4:07 pm - Thu, Dec 8, 2011

pikir pake dengkul.

gak pake basa basi lah.

belum lama ini carakafest kelar…ada 8 kategori yang dilombain dengan tiap kategori ada bronze, silver, dan gold. dan coba tebak…dari total 24 piala yg diperebutkan, mahasiswa dari jakarta cm bisa gondol 2 piala! ya cuma 2. sisanya, mahasiswa bandung, semarang, jogja, dll yg unjuk gigi.

update paling baru, 3 besar finalis BG di citra pariwara 2011…siapa aja? mereka dari Undip Semarang, Atmajaya Jogja, UGM Jogja…yang dari jakarta? gak ada.

ada yang salah? harusnya gt…dan pastinya ini ada yg salah saat kt semua ngeliat hampir seluruh powerfull advertising agency itu adanya di jakarta, tp kenapa kreatifitas mahasiswa di jakarta cemen? kebanyakan mabok slurpee kyknya ni.

ya mungkin mereka terlalu angkuh dengan ke kotaannya…sibuk untuk berusaha menjadi sok kreatif dan gak mainstream…toh akhirnya mereka jd mainstream dan gak kliatan kreatif jg. ya, kayaknya kita masih harus belajar untuk terus belajar, dan penting sekali menjadi rendah hati.

ayo mahasiswa jakarta, jangan cuma menang gaya.

agak subjektif si…tp ya bodo amat, blog2 gw ini. hehee.

yak, klo udah berasa nyelekit bacanya…saatnya baca part indah nya carakafest versi @antokusir. special award yg kami (khususnya mahasiswa jakarta) dapat dari carakafest 2011. klo kata mas kusir..ada bronze, silver, dan gold…nah klo yg ini disebut diamond…priceless. http://siluetsemenjana.posterous.com/it-takes-an-early-express-for-you-guys

7:19 pm - Thu, Oct 27, 2011

Anak kos dan gratisannya

Sebagai anak kosan, paling pantang itu yg namanya ngelewatin gratisan.  Apapun jenisnya deh, mulai dari nebeng pulang sampe makan gratis di acara resepsi orang.

Itu bukan karena pelit, tp lebih ke bijak menyikapi dan jeli menanggapi opportunity. Tapi…oke oke, itu pelit…tp biasanya jadi pelit kalo lg akhir bulan doang kok..hahaa.

Nah belakangan ini ceritanya lagi banyak lomba-lomba nih, apalagi ada yang entry nya gratis. Apa? Gratis? Kebetulan lagi akhir bulan, semangat bertahan hidup memaksa gw buat ikutan lomba pastinya dong…bikin lah beberapa karya untuk beberapa lomba. Kumpulin stok2 ide dan file, usaha semaksimal mungkin, jadi lah..kirim.

Beberapa hari setelahnya masih belom ada kabar ni hasil lombanya, sampe akhirnya beberapa lomba udah kelewat tanpa ada gayung bersambut di gmail gw…ah, gak tembus ini mah. Yaudah deh yang penting udah usaha, emang belom rejeki aja.

Nah! Kalimat “Yaudah deh yang penting udah usaha, emang belom rejeki aja.” Ini gak tau kenapa kok bikin kepikiran terus…gw mikir nih, di kalimat ini “nerimo” nya kyknya dapet sih…buktinya gw gak terlalu kecewa. Tapi kyknya ada yang kurang, dan setelah dipikir-pikir gw baru sadar gw udah melewatkan satu hal penting rangkaian dari usaha gw. Dan sebagai anak kosan yang dituntut memanfaatkan gratisan, gw lengah dan merasa tercoreng atas kejadian ini.

Yap, betul…gw lupa berdo’a. benar memang kita harus terus berusaha, tapi gak berenti sampai disitu. Kadang setelah berusaha, entah karena lupa atau kita terlalu angkuh, kita jadi lupa berdoa padahal kita tau kalo semuanya itu terjadi atas kehendak Tuhan. berdo’a, gratisan yang kita sering lupa. Ya semoga setelah ini gw bisa melengkapi usaha gw dengan tetap berdoa agar diberi kemudahan dan diberikan hasil yang terbaik sama Allah.. :)

2:41 pm - Tue, Jul 26, 2011

Blessed

Anda dan beberapa tahun terakhir…adalah bukan anda. Karena anda adalah untuk saya, anda adalah untuk keluarga.

Anda melihat diri anda dari bayangan kaca gedung, bayangan genangan air dijalan.

Anda harusnya berada diatas kami…tapi anda berada dibawah, demi kami agar berada diatas anda.

Bahkan saya rasa hanya ada angka 1, 2, dan angka 3 di arloji anda. karena sisa angka yang lain anda gadai untuk membayar senyum kami, walaupun hanya sedikit senyum itu ditujukan untuk anda.

Dan hari ini,

Hanya sedikit waktu yang anda minta dari kami, dan sedikit tenaga yang kami beri…bahkan berkeringat pun kami tidak.

Anda hanya meminta 24 jam…oh, bahkan tidak lebih dari 12 jam. Tidak lebih dari 12 jam anda meminta…bukan agar kami ada untuk anda. hanya sekedar waktu bagi anda, untuk tersenyum dan mendapatkan senyum.

karena hari ini, adalah hari Anda.

Dan lihatlah senyum kami, bila itu tidak cukup bagimu…berbahagialah, karena semesta tersenyum padamu. Pada kalian.

Congrats for your marriage my brother…wishing you a very happy married life.

4:58 pm - Tue, Jul 5, 2011

meracau: laporan hari ini

Kemarin, sudah saatnya menyandarkan badan karena angkot yang kasian habis hujan-hujanan. Sepatu basah, bikin menggelinjang H.Mamat di peternakan kosan samping halte. Tapi memang dari dulu kalo jomblo sambil ngeliatin kipas nengok kanan-kiri-kanan-kiri, untung masih sempet ngeliat batu numpuk didepan orang foto dekat danau.

Biarpun buku oranye tulisan “komedi tengah malam” udah ke foto, dan shell masuk ke tangki mobil, mas-mas nya tetap ngelap kaca sambil meracau…tapi kitanya bengong. Tempat baru emang selalu seru kalo pas ada malkist abon sama sport7, ada juga yang nanya gw kenal sama gadis sunsilk…aneh, soalnya si popy sabi juga nyari emon. Daripada SBY pusing mikir, mending meracau tentang todays dialogue.

6:03 am - Mon, May 16, 2011

Teluk Kiluan

Kata deadline emang kedengeran sering banget sama gw, mungking karena gw mahasiswa iklan kali ya, kerjaan freelance juga turut serta meng elu-elukan kata deadline ini. Ya tapi yang bener aja, kalau ada project yang tenggat waktunya setahun tapi masih aja deadline juga diselesainnya…

Jd gini, tahun baru 2010 semua orang bikin resolusi masing2. Gak mau kalah dong, gw juga bikin resolusi, satu hal yang mesti gw lakuin di tahun 2010…gw harus melakukan suatu trip…perjalanan kemana aja terserah…backpack-an. Sip, optimis bgt tuh gw, gampanglah itu mah. Tp settt…sekali kedip, gw ngeliat kalender udah tanggal 20 Desember 2010! Waduh, 10 hari lagi udah ganti tahun. Sebenernya gak wajib sih, cuma faktor “gimana-lo-bertanggung-jawab-dan-menghargai-diri-lo-sendiri” nya disini itu gede banget…hahaha panik juga gw tuh.

Langsung lah rencanain mau jalan kemana gt. Dapet ide, ide lama sih sebenernya yang blm kesampean..gmn kalo gw naik kereta ekonomi jurusan jogja, trus random aja di stasiun ke-42 gw turun. Terserah itu dimana, mau stasiun tengah sawah khas jawa juga gw mesti turun..hunting foto deh disitu ntar. Sip deh tuh fix, tinggal nentuin tanggalnya aja.

Read More

3:17 am - Sun, Dec 5, 2010

eunoia.

hey, apa yang lo cari sih dari lomba ini…? pengakuan. pramu bilang gitu… Betul, gw setuju banget…sampe akhirnya gw ada dilokasi tempat pagelaran gambar-gambar bergerak itu digelar…

waktu masih dikepala, gw mikirnya apapun yang penting idenya bisa keluar dari kepala dan ada bentuk fisik yang bisa gw rasain. jadilah potongan-potongan gambar itu yang kalo digabung bisa jadi satu cerita…terus…

terus setelah bentuk fisiknya keliatan, masukin lomba…tentu gw pengen menang. masalah “pengakuan” yang disebuit pramu itu tadi sih intinya. dapet hadiah, dapet medali, dapet piagam yang bisa diliat orang-orang…terus…

nyampe di tempat…gak tau karena menghibur diri sendir, ngeles doang, atau memang murni datang dari apa yang gw rasain…waktu liat film gw diputer dan denger applause dari penonton…merindingg cuk…

itu yang bikin gw mikir…”kayaknya bukan masalah pengakuan deh Pram”

diliat dari hadiahnya…gw bisa nabung sampe dapet uang cukup beli flip video, gw nabung 5juta cukup kali ya nyampe singapore, nabung 12juta bisa beli macbook pro.

tapi gw gak tau harus nabung berapa banyak untuk nyewa balai kartini dan ngumpulin ratusan mungkin ribuan anak muda buat nonton dan ngasih applause untuk film gw yang diputer di layar seukuran bioskop….

dan alhamdulillah, ternyata film gw menang di festival itu…

anjiingg….lengkap deh.

2:11 pm - Fri, Nov 26, 2010
6:12 pm - Tue, Oct 12, 2010

Pesan dari Ponakan

kayla…dan anak-anak lain yang sebaya dengannya.

ini sekedar catatan dan pelajaran yang gw dapet waktu ngobrol sama kayla, ponakan gw. gw ngobrol banyak hal tentang gimana meraih kesuksesan. dan hebatnya, kayla tau jawabannya, ini dia ngebocorin rahasianya.

pertama,
kita tau semua orang ingin mengejar kesuksesan, dengan berbagai macam orientasi sukses menurut tiap orangnya. namun kalo kita liat kenyataan yg terjadi diluar sekarang, atas nama kesuksesan, gak jarang kita nemuin orang-orang yg saling menjatuhkan demi mencapai yang namanya kesuksesan. merasa paling benar, saling memusuhi hingga terjadi perselisihan antar sesamanya.

sepertinya kayla melihat kita seperti orang yang egois dan sombong. karena menurutnya bahkan seburuk-buruknya orang, kita tetap bisa belajar dari dia…setidaknya kita bisa belajar agar kita tidak seburuk dia. karena itulah kayla merasa setiap kita memusuhi orang, kita pun kehilangan kesempatan untuk belajar dari orang tersebut.

itulah kenapa akhirnya kayla bisa belajar nyanyi dari ibunya, belajar pake bedak dari neneknya, belajar cium tangan dari kakeknya, dan belajar sun jauh dari papanya.
karena dia gak punya dan gak mau memusuhi orang lain. bagi dia musuh sejatinya adalah sayur, dia menjalin kekuatan bareng krupuk dan kue kuku macan buat memboikot kehadiran sayur ditubuhnya.

kedua,
apapun bentuk kesuksesannya, yang hampir pasti adalah seringnya kita berpikir gmn cara agar bisa cepat sukses…dukun mungkin, pesugihan, korupsi?
namun ada juga yg ingin sukses, tp gak pernah melangkah…gak ada modal lah, nunggu lulus sekolah lah, nunggu ini itu yg gak jelas.

mungkin kayla melihat kita sebagai orang bodoh bergelar sarjana. atau bahkan si penakut yg terus menunggu gelar. mungkin benar kita harus belajar dari kayla…krn kalau kita perhatiin kayla dan teman2 sebayanya, seberapa sering kita lihat mereka jatuh wkt belajar jalan. seberapa sering mereka dimarahin gara-gara manjat meja karena penasaran sama vas bunga. ngoceh terus gak ada capeknya berusaha biar orang lain ngerti apa yg dia omongin.

sampai akhirnya
kayla bisa lari dari awalnya gak bisa berdiri.
kayla bisa ngomong dari awalnya cuma bengong.
gak butuh jalan pintas, gak ada rasa takut, dan
belajar dari banyak hal disekitarnya.

mungkin hal-hal itu yg sudah kita lupain dalam upaya mencapai kesuksesan.
dan satu hal lagi. harus kita akui, kayla dan teman-teman sebayanya, mereka memiliki senyuman terindah, senyuman tulus yang seolah keluar dari hatinya…ya gak si?

okelah kalau gitu, sampai jumpa liburan berikutnya kay…i love you.

Following
Likes
More Likes
Install Headline